Selasa, 24 Mei 2011

Penggunaan Batterai Notebook

Baterai Notebook adalah penting untuk pengguna khususnya Netbook / Laptop. Dan baterai itu sendiri yang memfungsikan notebook  untuk menjadi portable ( bisa dipake dimanapun ). Ada hal-hal tertentu yang dapat membantu untuk memperpanjang usia ketahanan baterai.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan
yaitu pengkondisian baterai. Coba perhatikan anda dalam pengisian baterai, kebanyakan orang akan tetap menancapkan chargernya walaupun sudah penuh dan hal lainnya yaitu mengisi baterai setengah penuh. Ini semua akan mengurangi umur daya tahan baterai. Cara ideal untuk mengisi baterai notebook adalah menggunakannya sampai benar-benar dalam kondisi habis atau pling tidak dibawah 5% dari daya listrik yang ada dalam baterai dan kemudian diisi sampe kurang lebih 97% dan tidak perlu sampai 100% bahkan over.

Banyak orang menganggap kalau menancapkan charger secara trus menerus saat memakai laptop dengan kondisi baterai terpsang adalah baik-baik saja, karena notebook ada sirkuit proteksi yang otomatis memutuskan listrik saat baterai sudah penuh. Namun ternyata tidak semudah itu, ini adalah alasannya.

Musuh utama dari baterai lithium adalah overcharge. Meskipun di notebook2 sekarang ada intelligent circuitnya yang stop charging setelah baterai penuh, namun saat baterai sudah berkurang lagi (karena sambil dipakai) akan otomatis charge lagi hingga penuh lagi, dan akan berulang. Masalahnya, sebenarnya setelah penuh dia ga akan langsung putus, namun msh ada waktu beberapa detik hingga menit sebelum sirkuitnya benar2 bekerja untuk memutuskan aliran charging. Nah pada saat inilah overcharge terjadi. Faktor inilah yang sering membuat baterai mudah sekali drop.


Seringnya bermain Game, memainkan music atau video dengan cara bersamaan atau membuka Aplikasi yang berat dan mengakibatkan tingginya proses notebook, bisa membuat baretai bekerja lebih cepat atau bias dikatakan akan cepat habis. Sehingga membuat baterai cepat menjadi drop karena seringnya bekerja di atas normal pemakaian.

Sebagai cara untuk mensiasati dalam penggunaan baterai, Windows memiliki fungsi untuk manajemen power baterai. Tinggal bagaimana cara kita mengaturnya, mulai dari pengaturan cahaya, volume suara dan lainnya. Sebagai contoh Anda dapat mengatur penggunaan daya  tergantung pada apa yang anda kerjakan. Di sisi lain Anda juga dapat mengatur untuk menggunakan tenaga seefisien mungkin. Hal-hal ini mengubah pengaturan seperti jumlah daya penggunaan CPU, kecerahan layar dan sebagainya.

Berikut beberapa pertanyaan mengenai baterai notebook.

1. Berapa lama baterai saya dapat bertahan?
Kemampuan battery notebook akan menurun seiring waktu apakah Anda menggunakannya atau tidak. Sekalipun industri battery Li-Ion tidak mempublikasikan kenyataan ini, jam battery Anda mulai bergerak pada saat dirakit. Elemen didalam battery akan bereaksi, dan lambat laun battery tersebut tidak akan mampu mensuplai power yang cukup untuk notebook Anda. Sebagai tambahan, battery Anda dirancang untuk bertahan antara 300-800 kali siklus charge/recharge. Dan secara bertahap akan berkurang kemampuannya untuk mensuplai daya ke notebook.

Secara umum, battery notebook akan bertahan antara satu hingga tiga tahun. Anda mungkin bisa memperlambat penurunan kemampuannya, tapi tidak bisa menghentikan prosesnya. Suhu baterai, cara dan frekuensi pemakaian notebook akan mempengaruhi panjang pendeknya usia baterai. Anda bisa memperlambat proses ini dengan beberapa petunjuk pemeliharaan.

2. Ketika terhubung dengan power listrik, sebaiknya dilepas atau terpasang?
    Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, jika:
a)
Anda melepas beterai ketika terhubung dengan power listrik:
    Pro:
    • Melindungi siklus isi ulang.
    • Membiarkan baterai pada suhu rendah, sehingga memperlambat proses penuaan
    Kontra:   

    • Kehilangan fungsi backup dari baterai ketika power listrik mati.   
    • Data bisa hilang atau bahkan rusak jika tanpa fungsi backup power dari baterai.
    • Perlu UPS (uninterruptible power supply) untuk menggantikan fungsi backup
b) Anda membiarkan baterai terpasang:

    Pro:

    • Baterai berfungsi sebagai cadangan jika listrik tiba-tiba mati.
    • Lebih mudah dan efisien untuk dibawa.
    • Baterai tidak perlu waktu penghangatan
    Kontra:
   
• Kehilangan sebagian siklus isi ulang.
    • Suhu baterai meningkat dan mengakibatkan lebih cepat menurun kemampuannya.

3. Bisakah saya menggunakan battery dari merk lain jika pas dipasang?
Dan bisakah saya menggunakan battery generik?
Baterai tiap laptop dipasang mikrochip yang dirancang khusus untuk memenuhi spesifikasi yang diperlukan untuk laptop yang bersangkutan dan ini berhubungan dengan aplikasi yang memantau pemakaian baterai. Sebagai contoh, aplikasi dilaptop tertentu sudah diprogram untuk memberikan peringatan baterai akan habis pada level tertentu dan mematikan laptop secara otomatis pada level tertentu juga. Jika anda menggunakan baterai merk lain, bisa jadi, setting tersebut tidak sesuai. Program tersebut bisa tiba-tiba memerintahkan laptop untuk mati secara otomatis, karena ketidaksesuaian antara program dan mikro chip didalam baterai.

Selain itu, baterai generik yang murah, seringkali tidak dibuat dengan standar pengamanan yang baik. Sebaliknya baterai dari merk terkemuka menggunakan komponen yang sudah teruji dan lulus dalam ujian keamanan. Karena itu harga baterai original biasanya mahal, karena harus menggunakan komponen yang mahal. Beberapa kejadian baterai generik tidak berfungsi di laptop tertentu, karena aplikasi didalam laptop tersebut sudah diprogram untuk menolak baterai generik untuk menghindari pemakaian baterai yang berbahaya.
Memang ada beberapa orang yang tidak mengalami masalah dengan baterai generik. Tetapi sebaiknya Anda mempertimbangkan menghemat sedikit uang apakah sesuai dengan potensi resiko yang akan dihadapi.
Pada akhirnya itu terserah-untuk pengguna. Beberapa notebook datang dengan system baterai cadangan yang dapat melipatgandakan kekuatan power notebook, tetapi hal ini pastinya lebih mahal. Juga ada baterai yang bagus dan mempunyai ketahanan lebih lama tapi sekali lagi anda akan dituntut untuk keluar biaya lagi.

Mungkin kalian telah mengerti tentang sekilas penggunaan mengenai baterai notebook dan bagaimana kinerja baterai. Untuk anda yang tidak memiliki notebook tidak perlu khawatir mengenai mslah ini… :-) :-) :-)
semoga bermanfaat….

Wait for next artikel…..


Posting dari hasil rangkuman dari beberaa artikel yang sudah saya baca.


0 comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More